Selasa, 26 November 2013

TIFS MEMBUKA USAHA BAGI SEORANG PELAUT

Asaalamualaikum..

Salam sejahtera untuk semuanya terutama para rekan PELAUT indonesia di seluruh belahan dunia, saya disini akan berbagi pengalaman pribadi tifs membuka usaha bagi para pelaut yang masih aktif.
Saya sering di suguhkan pertanyaan yang dulu membuat hati saya gundah dan waswas yang membuat saya harus berfikir keras untuk memecahkan pertanyaan tersebut, pertanyaan tersebut adalah sampai kapan anda akan kerja di laut dan apa yang akan anda lakukan kalau sudah pensiun kerja di laut?, saya yakin rekan pelaut pernah bertanya seperti itu paling tidak pada diri sendiri.

sekarang kita masih kuat untuk kerja di laut dan jauh dari keluarga tetapi suatu saat nanti kita akan merasa rapuh dan sangat memerlukan dekat dengan keluarga, dan kita wajib harus tetap bisa menafkahi keluarga, maka dengan itu kita harus bisa usaha dan bisnis di darat dimulai dari sekarang.

Tentu menjadi menarik untuk memahami bahwa bisnis bisa terjadi baik di laut maupun di darat. Bahkan, dengan profesi saat ini sebagai pelaut, maka hal tersebut memungkinkan untuk mendapatkan informasi dan akses ke berbagai lokasi dengan produk unggulan yang spesifik dari setiap daerah.

Berbekal informasi mengenai hal tersebut, maka tentu kita dapat membawa produk unggulan dari daerah yang dihampiri tersebut untuk kemudian dijual kembali. Dalam posisi sebaliknya, dapat pula membawa produk dari daerah kita untuk dibawa kembali ke daerah persinggahannya. Itu merupakan bentuk sederhana usaha yang dapat dilaksanakan selaras dengan profesinya saat ini.

Bila kemudian usaha yang hendak dilakukan berbeda, maka memang jika bisnis dilakukan masih bersifat personal, akan terdapat kesulitan untuk melakukan pengawasan langsung secara fisik. Dalam hal ini, yang perlu dibentuk adalah sistem kerjanya. Nah untuk kita tentukan apa basis usaha yang akan diterjuni, setelah itu baru melangkah ke bentuk implementasi usahanya.
Saya Mencontohkan bentuk usaha yang mungkin cocok untuk para PELAUT yang masih aktif :

1. Usaha Rumah tinggal sewa atau rumah kos.
2. Usaha Rumah Toko.
3. Usaha Tempat kebugaran (gor futsal, batminton, fitnes)
4. Usaha Gedung serbaguna ( buat acara resepsi dan acara lainya).


Setelah dapat ditentukan jenis usaha yang akan digeluti, maka kemudian buat format kerjanya. Seperti apakah akan membentuk tim, atau membangun hubungan dengan konsep joint partner untuk kelola operasional, bahkan bisa juga melibatkan keluarga (kakak, adik, istri) sebagai pihak yang dipercaya serta diberikan amanat untuk melakukan pengelolaan usaha.

Berkenaan dengan fungsi pengawasan usaha, dapat dilakukan evaluasi berkala (harian, mingguan dan bulanan) di mana pemasukan dan pengeluaran menjadi indikator penting yang akan dimonitoring. Saat ini fungsi teknologi (email, sms, phone, BBM) menjadi vital, sehingga dimanapun akan mudah melakukan supervisi. Di samping itu, perlu juga dilakukan monitoring atas aktivitas operasional usaha.

Hal ini berkaitan dengan pemantauan atas disiplin tim, agenda semua tim kerja yang terlibat, hingga sampai pada tahap akhir yakni monitoring penyampaian produk/pelayanan jasa kepada pelanggan. Tentu diperlukan person in charge yang akan menjadi pihak terpercaya untuk melakukan daily monitor. Untuk itu, aspek pertimbangan dari kita sendiri secara personal perlu mendapat perhatian.

Lihat peluang dari apa yang ada di sekitar kita itu sangatlah penting untuk menunjang mewujudkan cita cita kita dalam berbisnis di darat dan ada beberapa kunci sukses yang selalu saya pegang teguh yaitu :

                                                                   

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada semua rekan rekan saya, senior senior saya dan dengan tidak merasa menggurui sahabat semua, saya mohon maaf bila artikel yang saya sampaikan kurang dan jauh dari kesempurnaan karena saya sendiri sama sama sedang tahap pembelajaran.
Salam Hormat saya untuk para ALUMNI AKMI SUAKA BAHARI CIREBON dimanapun berada selalu JAYA dan semoga kompak SELALU..

wasalam...

                                                                            
                                                             Akira Kyoshi A Sopyan
                                                      Email : akira_kyoshi@yahoo.com
                                                                 sasimi78@yahoo.com
                                                                      pin 7621EB83

Tidak ada komentar:

Posting Komentar